Auditorium berasal dari kata audiens yang berarti penonton dan rium yaitu tempat, sehingga auditorium memiliki pengertian yaitu tempat berkumpulnya penonton untuk menyaksikan suatu pertunjukan atau pagelaran acara tertentu. Di dalam auditorium modern, penonton terpisah dari penampil (Aktor/Aktris) dengan tempat yang biasanya berbentuk seperti busur. Harga yang ditawarkan pada kursi di setiap bagian dalam sebuah auditorium biasanya sesuai dengan kualitas pandangan terhadap panggung. Beberapa area duduk dalam sebuah auditorium antara lain:

  1. Stalls atau area, biasanya terletak dibawah atau sejajar dengan panggung.
  2. Balcony atau Galleries, area duduk yang berbentuk berundak dari yang paling rendah pada bagian depan sampai yang paling tinggi pada bagian belakang area pada sebuah auditorium.
  3. Box, adalah suatu area duduk yang memiliki pandangan terbuka yang biasanya hanya diisi oleh beberapa pengunjung yang letaknya berada pada bagian atas atau sisi samping area auditorium yang biasanya bersifat VIP dan sangat berharga pada suatu auditorium.

Ruang auditorium didesain untuk mengakomodasi penonton atau pengunjung dalam skala besar. Ruang auditorium memiliki area yang luas dengan lantai bertingkat yang berfungsi untuk mengakomodasi seating area dan kebutuhan akustik.

Pin It on Pinterest

Share This

Share this post with your friends!